ARTIKEL RESWARAKontraktor & Perencana Bangunan

Rabu, 23 Desember 2009

Ruang Makan Menyatu Dengan Dapur..? Why Not..!!

Kadang dengan keterbatasan lahan yang kita miliki membuat kita harus pintar - pintar mengatur strategi ruang agar ruang yang kita butuhkan di rumah kita dapat terpenuhi.
Strategi ruang tersebut bisa berupa permainan ukuran ruang, pemilihan warna interior, pemilihan pemakaian mebel, ataupun penggabungan 2 fungsi ruang.

Untuk penggabungan 2 fungsi ruang, kita pilih 2 ruangan yang paling berdekatan fungsinya, yakni penggabungan antara ruang makan dan dapur. Dikarenakan penggabungan tersebut membuat ruang makan dan dapur tidak berdiri sendiri lagi, maka kedua ruang tersebut harus ditata seapik mungkin agar fungsinya bisa saling melengkapi satu sama lain.

Ruang makan dibuat sebisa mungkin agar orang yang berada ruang tersebut nyaman tanpa mengganggu kegiatan yang ada di dapur. Warna cat dinding dan warna furniture dibuat warna terang atau muda sehingga dapat menimbulkan kesan luas. Pemilihan furniture juga perlu diperhatikan, yakni dipilih furniture yang berkesan ringan tanpa meninggalkan segi ergonomis sehingga bisa memberikan kenyamanan ketika duduk.

Yang tidak kalah pentingnya dalam penggabungan ruang makan dan dapur adalah pencahayaan ruang dan sirkulasi udara yang baik. Pentingnya pengaturan sirkulasi udara diruang tersebut membuat udara tidak pengap dan bau akibat proses masak memasak, dan hal tersebut sangat mempengaruhi udara di ruang makan dan ruangan yang lain.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

<
 
< <